Jumat, 20 Oktober 2017

#

Perkembangan Robot Manusia Dari Masa Ke Masa

Kemunculan Sophia pada rapat PBB Kamis (12/10/17) lalu membawa angin segar di jagat robotik. Sophia bisa disebut sebagai robot manusia ( humanoid) yang mendekati sempurna karena bisa menunjukkan ekspresi layaknya manusia.

Robot Manusia
Robot Manusia
Banyak yang berpikir bahwa konsep mengenai robot manusia muncul setelah "meledaknya" film karya James Cameroon, Terminator, pada tahun 1984.

Namun kenyataannya, ide menciptakan humanoid sudah ada jauh sebelum Masehi. Pada saat itu, tentu saja manusia masih belum membayangkan bagaimana caranya membuat robot yang bisa bergerak seperti halnya manusia.

Untuk menjawab hal tersebut, KompasTekno mengumpulkan data dari berbagai sumber, mengenai perkembangan humanoid dari masa ke masa:

Baca juga : Robot Wanita Ini Ikut dan Berbicara di Rapat PBB

Ilustrasi Automata dari Lie Zie
Ilustrasi Automata dari Lie Zie(Rizky C.Septania /Silk Qin)
Automata, humanoid pertama sebelum Masehi

China disebut sebagai tempat pertama yang mencetuskan ide mengenai humanoid. Hal ini diperkuat dengan temuan naskah kuno Taoisme China, Liezi, yang diperkirakan sudah ada sejak tahun 250 SM.

Dalam naskah tersebut, Lie Yukou, filsuf China yang diduga sebagai penulisnya, mendeskripsikan tentang automata.

Automata sendiri merupakan sebuah mesin yang dapat bergerak atas kehendak sendiri sesuai dengan gerakan manusia.

Dalam Liezi, diceritakan automata adalah sebuah manusia mekanis yang dibuat oleh Yan Shi, seorang insinyur mekanik yang hidup di dinasti Zhou untuk ditunjukkan kepada rajanya.


Ilustrasi Humanoid Pemusik Karya Al-Jazari Ilustrasi Humanoid Pemusik Karya Al-Jazari
Ilustrasi Humanoid Pemusik Karya Al-Jazari(Realm Of History)
Robot Pemain Musik di Mesopotamia
Al Jazari adalah ahli mekanik istana yang hidup di Mesopotamia pada tahun 1206. Ia merupakan ahli mekanik jenius di masanya yang mampu merancang dan menciptakan bebagai macam bentuk robot.

Pemikiranya tersebut tertuang dalam kitab fi ma’rifat alhiyal al-handayasiyya (buku pengetahuan ilmu mekanik) pada 1206. Dalam karyanya tersebut dia menjelaskan lima puluh peralatan mekanik berikut instruksi tentang bagaimana merakitnya. Atas dasar hal tersebut , dia dijuluki “Bapak Robot” oleh masyrakarat sains modern.

Al-Jazari tercatat sebagai pencipta mesin robot sekaligus humanoid pertama yang bisa diprogram. 

Awalnya, ia membuat mesin robot yang berupa perahu terapung di sebuah danau. Perahu ini kemudian ditumpangi oleh 4 robot pemain musik yang terdiri dari dua penabuh drum, pemain harpa, dan peniup seruling.

Robot yang diciptakan untuk menghibur para tamu kerajaan dalam acara jamuan minum ini mampu memainkan nada berbeda. Untuk menggerakkan mesin robot ini, Al-Jazari mengembangkan prinsip hidrolik

Selain robot musisk, Al-Jazari juga menciptakan sebuah robot pramusaji berbentuk manusia. Robot ini bisa digunakan untuk menghidangkan air minuman seperti air dan teh.

Dalam konsep robot pramusaji ini, minuman tersebut disimpan dalam sebuah tanki dan penampung air. Air yang ada di penampungan tersebut kemudian dialirkan ke dalam sebuah wadah untuk dialirkan ke cangkir dalam tujuh menit sebelum disajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar